Wednesday, March 20, 2019

6 Jenis Media Pembelajaran Sederhana, Bisa Bantu Siswa Agar Tidak Bosan

4. Media Serbaneka

Jenis media pembelajaran serbaneka merupakan suatu media yang disesuaikan dengan potensi di suatu daerah, di sekitar sekolah atau di lokasi lain atau di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai media pengajaran. Contoh jenis media pembelajaran serbaneka di antaranya adalah papan tulis, media tiga dimensi, realita, dan sumber belajar pada masyarakat.

· Papan (board) yang termasuk dalam media ini di antaranya papan tulis, papan buletin, papan flanel, papan magnetik, papan listrik, dan papan paku.

· Media tiga dimensi di antaranya model, mock up, dan diorama.

· Realita adalah benda-benda nyata seperti apa adanya atau aslinya. Contoh pemanfaatan realit misalnya guru membawa kelinci, burung, ikan atau dengan mengajak siswanya langsung ke kebun sekolah atau ke peternakan sekolah.

· Sumber belajar pada masyarakat di antaranya dengan karya wisata dan berkemah.

5. Gambar fotografi

Gambar fotografi diperoleh dari beberapa sumber, misalnya dari surat kabar, lukisan, kartun, ilustrasi, foto yang diperoleh dari berbagai sumber tersebut dapat digunakan oleh guru secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan tertentu. Terdapat lima macam gambar fotografi yang harus diperhatikan antara lain:

· Gambar fotografi itu harus cukup memadai.

· Gambar-gambar harus memenuhi persyaratan artistik yang bermutu.

· Gambar fotografi untuk tujuan pengajaran harus cukup besar dan jelas.

· Validitas gambar, yaitu apakah gambar itu benar atau tidak.

· Memikat perhatian anak, ini cenderung kepada hal-hal yang diamatinya, misalnya, binatang, kereta api, kapal terbang dan sebagainya.

6. Peta dan Globe

Jenis media pembelajaran berikutnya adalah peta dan globe ini berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi. Seperti keadaan permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- tempat serta arah dan jarak. Kelebihan lain dari peta dan globe, dalam kegiatan belajar mengajar adalah:

· Memungkinkan siswa mengerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain lain.

· Merangsang minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh- pengaruh geografis.

· Memungkinkan siswa memperoleh gambaran tentang imigrasi dan distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta bentuk bumi yang sebenarnya.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Cs2WQ8

March 20, 2019 at 05:40PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2Cs2WQ8
via IFTTT
Share:

Related Posts:

0 Comments:

Post a Comment